Peach Beauty

Search This Blog

Tuesday, November 1, 2016

Paket Beauty Products Dari Luar Negeri Tertahan di Bea Cukai Indonesia

Paket Beauty Products Dari Luar Negeri 
Tertahan di Bea Cukai Indonesia
By: @ClaraNovK




Hello Peach!
Aku mau sekedar sharing aja nih tentang pengalamanku yang berbelanja beauty products dari USA.
Sedikit mengecewakan dengan sistem peraturan bea cukai yang ada di Indonesia.
Sedih soalnya barangku berupa 2 lipsticks dan 1 eyeshadow palette dari BH Cosmetics dari USA harus tertahan di bea cukai indonesia serta harus rela di bumi hanguskan oleh pihak bea cukai Indonesia.
Sedih banget rasanya dan cuman bisa nangis guling-guling di kantor Bea Cukai Pasar Baru.
Kebetulan paketku di tahan Bea Cukai pasar baru, karena alamat pengirimannya masih di daerah Menteng.
Di kantor aku dapat surat cinta dari pihak bea cukai.
Amplop coklat yang bikin stress dulu mau buka dan baca suratnya.
Sebelum akhirnya aku setengah sukses mengambil paketku yang tertahan itu, ada beberapa kronologis cerita yang mau aku share kepada kalian.

1. Surat Peringatan Dari Bea Cukai
Pertama-tama aku mendapatkan kiriman surat pemberitahuan dari bea cukai.
Inti-nya adalah paket aku sudah sampai di Indonesia, hanya saja tertahan di kantor beacukai.
Mengapa bisa sampai tertahan di bea cukai?
Kata petugas-nya, produk kosmetik import dari luar negeri tidak bisa dimiliki oleh pribadi atau perorangan. Sedangkan untuk mendapatkan izin edar kosmetik itu harus di urus ke BPOM. dan sekali lagi di tegaskan, pribadi atau perorangan tidak berhak memegang surat izin edar kosmetik.
Serta harus memiliki juga izin import barang masuk. Yang bisa memiliki surat izin import barang masuk ya cargo atau perusahaan importir.

Ketentuan dari beacukai untuk lengkapnya bisa di baca di sini ya clickme.

Singkat cerita sudah tidak mungkin barang yang berupa kosmetik dan obat-obatan tersebut keluar dari kantor bea cukai.
Pillihan yang kamu punya cuman ada dua:
1. Di kembalikan ke negara asal (tidak di pungut biaya)
2. Di bumi hanguskan oleh petugas bea cukai.

Ini sih sudah tidak bisa di nego apalagi ngemis agar barangnya bisa keluar. Peraturan yang dimiliki bea cukai sudah harga mati soalnya. Jadi mendingan ikutin saja apa yang diminta oleh petugas beacukai daripada nanti kena sanksi administratif oleh mereka.

Saya aja yang baca sempet lemes ga nafsu makan habis tau beginian. Tapi saya tetep nekat datang ke kantor bea cukai pasar baru selang beberapa hari kemudian. Mengumpulkan keberanian untuk menghadapi petugas-petugas tersebut.


2. Datang Ke kantor Bea Cukai
Sebelum saya ke kantor bea cukai. saya sempat mencoba peruntungan untuk menelpon pihak BPOM meminta nasihat agar bisa dibuatkan surat izin edar kosmetik untuk saya pribadi sehingga barang saya bisa keluar. HAHA (nekat banget).

Tetapi tetap kekeh dari pihak mereka tidak bisa di lobi lagi. Peraturan adalah peraturan, tidak bisa di kutik-kutik lagi. Ya sudahlah ya, habis nelpon BPOM saya mencoba menelpon kantor beacukai-nya. Tetapi tidak ada yang angkat. Mendingan langsung datang kali ya, biar kelihatan ada etikad baik, siapa tahu barang saya bisa keluar.. (ngarep lagi hahaha).

Saya menerima surat hari senin, dan saya datang ke kantor beacukai hari rabu. Tempat paket saya tertahan adalah di kantor bea cukai pasar baru.
Berikut ini adalah alamatnya:
Gedung Pos Ibukota Jakarta Lantai 3, Jalan Lapangan Banteng Utara No. 1, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Saya datang ke lantai 3 pada bagian customs untuk paket international. Singkat cerita lagi, sudah beneran ga bisa deh ini paket keluar. kalau mau ya dikembalikan ke negara asal tanpa dipungut biaya sedikit pun, konon yang akan menanggung biaya pengirimannya adalah pihak bea cukainya. Atau kalau ga percaya dikembalikan paketnya, ya dibumi hanguskan. Dari kedua pilihan ini masih sama-sama ambigu. Maju kena dan mundur kena hahaha (kata si dono demikian).

3. Paket Sebagian Dibebaskan bea cukai. Sedangkan Sisanya Disita Dan Dimusnahkan.
Saya membeli 2 lipsticks, 1 eyeshadow dan 2 brush set. Setelah berdiskusi dengan rekan kerja saya di divisi tax/pajak. Saya mendapatkan insight dari mereka mengenai barang-barang yang lolos BPOM dan tidak. Pengetahuan awamnya adalah BPOM itu ada karena untuk menyelidiki kosmetik dan obat-obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya. BPOM itu terbentuk untuk melindungi konsumen agar tidak dirugikan oleh produsen-produsen nakal. Kembali lagi saya katakan, kerja BPOM sudah sangat baik. Tetapi untuk kasus ini saya merasa dirugikan, kenapa sih harus terlalu ketat. haha longgar dikit gitu buat saya. Sekali aja gitu ditolongin, selanjutnya engga lagi deh nakal haha :(

Mari kita coba telusuri secara seksama, barang apa yang kemungkinan bisa keluar dari beacukai nanti:
1. Lipstick sudah pasti mengandung bahan kimia, sehingga itu sudah tugas BPOM untuk mengadakan penyeledikan terhadap benda tersebut.
2. Eyeshadow juga terdapat bahan kimia, kimia bahan pewarna, dll.
3. Brush/ Kuas: sudah tau kan kalau benda ini bisa menjadi alasan saya untuk bisa melobi petugas beacukai nanti untuk mengambil paket saya yang ini. Soalnya kuas tidak mengandung bahan kimia, orang dibuatnya saja dari kayu dan bulu sintetik kok. hahaha mau narok bahan kimia apaan didalamnya hahaha
Lumayan harga 1 set-nya adalah $20, sudah gitu saya beli 2 lagi. hmm lumayan banget kalau kuas-kuas makeup saya bisa keluar dari kantor bea cukai.

Ternyata bener kuas saya saja yang bisa diselamatkan, dan sisanya wassalam. Ya udah deh gpp lumayan banget, daripada lumayun. :p Tetapi nasib lipstik dan eyeshadow saya? Disita sama mereka untuk bahan penyeledikan di BPOM atau nanti akan dibumi hanguskan. *lemes*

Jadi buat yang paket kosmetiknya tertahan, tapi isi didalamnya adalah beli kuas, mendingan ga usah takut datang ke kantor bea cukai. langsung datang dengan baik-baik dan berbicara kepada petugasnya. jangan lupa kasih senyuman mautnya ya :p


4. Pulang Dengan Wajah Sedih Dan Tak Berdaya
Memang sih sebagian paketnya bisa keluar, tapi tetep aja sedih. Kan sayang banget barang saya sisanya harus dibumi hanguskan. 2 lipstick BH Cosmetics shade Clara dan Endora harus rela di hancurin, serta 1 palette eyeshadow BH Cosmetics harus hancur berkeping-keping. Haduh udah deh ga mau mikirin, tapi gimana saya tetep kepikiran kalau inget barang-barang tersebut. *mewek*

Kesimpulan:
Jadi tidak heran mengapa barang online shop yang menjual beauty products dari USA itu mahal banget. Padahal harga aslinya cuman $2 di Amerika, setelah masuk ke Indonesia harganya menjadi 100-an. Karena bea cukai di Indonesia itu ribet-nya bukan main. Belanja tidak boleh lebih dari $50, tidak boleh membeli obat ataupun kosmetik dari luar, dan begitu seterusnya sampai bumi berubah jadi kotak.

Kalau memang ngebet banget mau punya barang import tersebut, mendingan beli saja lewat online shop. Atau kalau engga menggunakan jasa cargo sebagai tindakan preventif jika sampai harus barangmu tertahan di beacukai, nanti jasa cargo yang ngurusin di kantor bea cukai, tugasmu hanya duduk manis dan menunggu paket dirumah.

Kemarin ga kepikiran sama sekali pakai jasa cargo, soalnya selama ini belanja di USA selalu lolos dari bea cukai. Mungkin ini karena box-nya yang terlalu mencolok kelihatan sekali di box-nya tertulis BH COSMETICS. langsung di tangkep deh paket ku yang isinya kosmetik.
Sebagai tambahan informasi saja, paketmu bisa lolos dari pengawasan bea cukai itu sangat random. Dan kali ini aku lagi apes jadinya kena. soalnya sama sekali ga pernah sebelumnya sampai harus berurusan di kantor bea cukai.

Maksud hati biar murah beli langsung pakai dollar dari paypal hasil dari nge-blog, ternyata jadi mahal karena ditahan bea cukai.
Sedih rasanya harus menghadapi kenyataan begitu ketatnya peraturan bea cukai di indonesia.
Mungkin ini juga salah satu program pemerintah untuk lebih mencintai produk lokal ketimbang harus belanja kosmetik luar negeri.
Saya sangat hargai tindakan pemerintah tersebut, tetapi tetep sedih. hahaha
Barang saya bener-bener ga bisa keluar, BT deh.

Semoga sharing saya ini yang bisa bermanfaat bagi yang membaca.
Satu pesen saya buat yang paketnya tertahan oleh bea cukai, jangan memberontak ataupun berdebat. Sudah ikutin saja ketentuan yang berlaku dari petugas bea cukai.
Karena percuma saja, barang keluar engga tapi di black list iya. :p

So what do you think?
Drop some comments on my post below..
Let me know about your very honest opinion..
:)

Thank you for reading my blog!
and good luck everyone ..
love/lief/tresno,




Clara xxx

12 comments:

  1. Sayang banget ya dibumihanguskan :( Yang penting kuasnya selamat deh ya.. :(

    http://thepoisonpie.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sedih, kalau harus PO Lipsticknya BH Cosmetics itu lumayan mahal lagi :(
      Beruntung kuasnya bisa selamat, kalau engga nangis bombay.

      Delete
  2. aku ga pernah beli langsung sih mbak, seringnya ya lewat olshop. nah itu dia. malesnya kan ya kalo ketahan pihak bea cukai. mana harganya kan tergolong ga murah juga yaaaa :"D

    ngeliat gincu dan esedo dimusnahkan.... ah, ga kuat ngeliat >.<


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu yang ga berurusan langsung aja sedih, apalagi aku yang ngalamin.
      Sakit banget rasanya :(

      Tapi itu dia, kadang kosmetik yang masuk ke indo kemudian jadi overpriced :(

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sayang banget, gw juga pernah kejadian gitu. luckily i asked the seller about their policy if such case happen (termasuk dikenakan pajak dan barang tertahan di bea cukai). seller aku baik, untuk pajak mereka mau ganti ke cc aku asal ada tanda terima. untuk barang yang tertahan, aku shipped back ke vendor dengan biaya ditanggung pos indonesia, dan semua surat pernyataan dari bea cukai aku scan. within 3 days dapat refund ke cc aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibalikin lagi ke US, sayang juga sudah sampai di indo soalnya.
      ambil yang masih bisa di ambil :(
      sisanya dengan berat hati dimusnahkan..

      Delete
  5. gw lebih milih gitu Mbak daripada diambil sebagian karena refund ga bisa dilakukan sebagian dan kalo dah dibuka ongkir gak akan ditanggung oleh Pos Indonesia. Uang refund bisa aku pake beli PO disini, gpp lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya ya bener juga.
      Thank you for your advices, bisa dicoba kalau kena tahan lagi sama bea cukai :)

      Delete
  6. suatu saat mungkin akan bermanfaat.
    terima kasih dan salam kenal Mbak

    ReplyDelete
  7. Dasar BEA CUKAI Pasar Baru,Jakarta mau mengisap rakyat Indonesia sebagai penerima packet. Bila bukan kosmetica ebagai kirman,tapi misal: pakaian sebagai pemberian hari ulang tahun adik yg di Indonesia, apa alasannya untuk membuat pajak atau alasan berbahaya. Cara Bea Cukai Pasar Baru dgn peraturannay yg perlu dirubah dan sarankan kepada kementerian negara atau Pak JPresiden Jokowi tahu sebab saudaranya yg diluar Indonesia berbelanaja dinegara temapt tinggal. Maka kalian harus bikin surat petisi kepada Parlemen Indonesia.Cara menahan dan memusnahakan itu cara yg tak demokratis. Negara luar,seperti Amerika Serikat,Inggris,Australai,New Zealand,Nederland,dst nya tidak kenakan pajak kepada sipenerima bila harga total barang tidak melebihi $1000 sebab sudah bayar termasuk pajak bila kirim dgn airmail packet dan pajak disertakan 15% dari jumlah harga benda2 atau barang yg dikirim dan servis Pos airmail. Peraturan perlu dirubah.Tak adil terhadap rakyat Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Koreksi: Bila bukan Kosmetika sebagai kiriman, tapi misal: Cara Bea Cukai Pasar Baru dengan peraturannya yg perlu dirubah.Pak Presiden Jokowi tahu. Berbelanja dinegara tempat tinggal.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...