Peach Beauty

Search This Blog

Monday, April 27, 2015

Refleksi & Strategi Pengembangan Solar Energy Negara Belanda

Refleksi & Strategi Pengembangan Solar Energy
Negara Belanda
By: @ClaraNovK


Figur 1. Kincir Angin Di Belanda.
Source: www.news.discovery.com
     Tentu sudah menjadi barang yang lumrah bagi negara beriklim tropis akan selalu menemui cuaca yang panas setiap hari-nya. Siang maupun malam suasana akan selalu hangat. Berbagai cara ditempuh oleh para ilmuwan untuk bisa menemukan inovasi-inovasi baru membuat peralatan yang ramah lingkungan dan lebih hemat energi. Salah satu caranya adalah penghematan energi menggunakan cahaya matahari. Atau yang lebih kita kenal sebagai Solar Energy.
      Yang menjadi pertanyaan paling mendasar adalah bagaimana dengan masyarakat yang tinggal didaerah dingin?. Apakah mungkin solar energy ini kemudian dapat di terapkan kedalam negara yang lebih didominasi dengan cuaca dingin?. Sebut saja negara Belanda yang kita semua tahu bahwa melihat matahari bersinar adalah sesuatu yang langka. Siang hari sekalipun di negara belanda tetap berhawa sejuk bahkan cenderung dingin.
     Apakah nanti mekanisme Solar Energy ini akan berhasil menjadi solusi hemat energi yang mampu diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Belanda?

Sekilas Sistem Kerja Solar Energy
    Sistem kerja dari solar panel itu bagaimana sih? yuk mendalami lebih jauh mengenai sistem kerjanya dari solar energy ini.

    Yang harus dilakukan pertama-tama adalah kita harus memiliki media saluran untuk menyerap tenaga matahari tersebut. Atau yang biasanya kita sebut dengan Solar Panel. Bentuk dari solar panel ini sendiri menyerupai ubin, atau atap plafon rumah. salah satu contohnya terdapat pada gambar dibawah ini.

    Tidak perlu bingung bagaimana cara membuat solar panel ini, karena yang pasti produksinya dikelola oleh pabrik. Yang perlu kita ketahui bersama adalah bagaimana sistem kerja dari Solar Panel ini sehingga menjadi energi pengganti listrik.

Figur 2: Solar Panel.
Source: www.citymetric.com

     Sistem kerja solar panel ini mudah sekali. Cukup pastikan solar panel ini terpasang ditempat yang terkena langsung dengan paparan sinar matahari. Sehingga memaksimalkan efektivitas dari alat ini untuk bekerja.

     Solar panel ini bekerja sama seperti tenaga listrik. Dengan menyerap panas dari sinar matahari, energi diubah oleh solar panel menjadi energi listrik. Jika dilihat pada gambar dibawah ini sudah diterangkan bahwa solar panel berfungsi untuk penerangan lampu di jalan raya, dan juga lampu rambu lalu lintas. disamping itu pula, orang-orang yang memiliki sepeda elektrik dan juga mobil elektrik bisa men-charge mobil serta sepeda mereka diatas solar panel ini pada siang hari. sehingga pada malam hari, sepeda serta mobil elektrik mereka sudah dapat digunakan berpergian walaupun tidak ada cahaya matahari.

    Berharap di hari yang akan datang solar energy ini bisa memenuhi kebutuhan energi di sekolah, dan tempat-tempat bisnis lainnya. karena kekuatan dari solar energy ini masih tergolong rendah. sehingga perkembangannya masih di teliti lebih lanjut.

   Pemberlakuan solar energy ini untuk sementara sebagai salah satu solusi energi alternatif pada bidang infrastruktur dan juga salah satu cara untuk mengurangi gas emisi daripada polusi yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan.


Figur 3. Proses Solar Energy.
Source: www.citymetric.com


Implementasi Solar Panel Pada Kehidupan Masyarakat Belanda
Barang apa saja sih yang sudah menggunakan solar panel di belanda?
Yang pertama adalah solar panel yang  berasal dari rumah. Tenaga solar panel bisa berfungsi untuk apa saja? Tenaga solar panel bisa digunakan untuk pemanas air mandi, serta alat-alat rumah tangga yang menggunakan aliran listrik lainnya.

Figur 4. Penerapan Solar Energy di Rumah.
Source: www.viridiansolar.co.uk
Kemudian yang paling menonjol adalah penerapan energi matahari untuk sepeda. Penemuan ini baru-baru saja dirilis oleh pemerintah belanda pada akhir tahun 2014. Pastikan juga sepeda yang digunakan adalah sepeda elektrik. sebab jika menggunakan sepeda biasa, tidak akan terasa manfaat dari solar panel ini. Tenaga solar panel ini berguna untuk men-charge aki daripada sepeda elektrik.


Figur 5. Penerapan Solar Energy Pada Sepeda.
Source: www.sustainablebrands.com
lalu yang uniknya lagi solar panel sudah diterapkan pada sepeda tukang es keliling di belanda.
benda ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi energi pada mesin pendingin (kulkas) untuk ice cream.
daripada menggunakan aki atau mesin listrik lainnya untuk tetap mendinginkan ice cream didalam kulkas. akan lebih efisien jika bisa diterapkan dengan memaksimalkan energi matahari.

Figur 6. Penerapan Solar Energy Pada Tukang Es Keliling.
Source: www.finamac.com

Harmonisasi Solar Panel & Musim dingin Di Belanda
sudah menjadi pertanyaan yang wajar mengenai pro & kontra dari penemuan Solar Energy di negara belanda. "terus kalau lagi musim dingin bagaimana nasib solar panel-nya?"
penting di tegaskan sekali lagi bahwa tidaklah mudah untuk membangun solar energy di negara belanda.

secara teori solar panels sudah jelas membutuhkan tenaga matahari untuk dapat bekerja secara maksimal. tetapi jika keadaan tidak memungkinkan, solar panel tetap dapat bekerja walaupun matahari berada di belakang awan. tetapi tentu tidak se-efesien ketika matahari sepenuhnya bersinar tanpa adanya halangan dari awan. Untungnya belanda tidak terlalu mengandalkan tenaga dari matahari. sehingga ketika musim panas sudah usai, atau gangguan cuaca lainnya, Belanda selalu mempunyai solusi lain dengan mengandalkan tenaga dari kincir angin ataupun juga water turbines. Belanda memang sudah mempunyai perencanaan yang matang di dalam mengelola tenaga alam. sehingga tenaga matahari (solar energy) bukanlah satu-satunya sumber utama.

Maka dari itu, belanda masih belum bisa sangat bergantung dengan tenaga matahari. mengingat musim dingin di belanda yang lebih mendominasi jika dibandingkan dengan musim panas-nya. tetapi jika dilihat dari inovasi-inovasi yang sudah ditemukan oleh belanda dalam hal meningkatkan solar energy dinegara mereka, kelihatannya belanda sudah mulai serius menangani hal ini.

Perlahan namun pasti, Belanda akan terus meningkatkan inovasi mengenai solar energy ini di negera mereka. sehingga pada akhirnya Solar Energy ini akan menjadi sumber utama yang bisa diandalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat belanda. 

Figur 7. Hooray We are Saving The Planet.
Source: www.notrickszone.com

DAFTAR PUSTAKA
FME Energy Guide. (2014). Diambil 20 April, 2015, dari http://www.dutch-energysolutions.nl/fmeenergyguide.
Roof Integrated Solar Panels, Private House, Netherlands. (n.d). Diambil 26 April. 2015, dari http://www.viridiansolar.co.uk/Galleries/International/0116_roof_integrated_solar_panels_Private_House_Netherlands.htm.
Solar Bike-Path To Nowhere: $3.7 Million…Enough Electricity To Power A Whole Three Households. (2014). Diambil 23 April, 2015, dari http://notrickszone.com/2014/11/13/solar-bike-path-to-nowhere-3-7-million-enough-electricity-to-power-a-whole-three-households/#sthash.Lg1pU38N.tsmNChib.dpuf.
Solar-Powered Family Car Rides California Coast. (2014). Diambil 19 April, 2015, dari http://news.discovery.com/earth/solar-powered-family-car-rides-california-coast-140924.htm.
Solar Powered Ice-Cream Cart Is a Success In Holland. (2012). Diambil 23 April, 2015, dari http://www.finamac.com.br/en/noticias/2012/08/361/solar-powered-ice-cream-cart-is-a-success-in-holland.
This bike path is made entirely of solar panels. (2014). Diambil 20 April, 2015, dari
http://www.pri.org/stories/2014-11-12/bike-path-made-entirely-solar-panels.
This Dutch cyclepath collects solar energy. (2014). Diambil 25 April, 2015, dari http://www.citymetric.com/horizons/dutch-cyclepath-collects-solar-energy-469.
Towards a sustainable, reliable and affordable energy system in the Netherlands. (2013). Diambil 26 April, 2015, dari http://www.hollandtrade.com/sector-information/energy/?bstnum=4913.
World's First Solar Road Opens in The Netherlands. (2014). Diambil 24 April, 2015, dari http://www.sustainablebrands.com/news_and_views/cleantech/mike_hower/first_solar_road_opens_netherlands.

Keterangan: n.d. (No Date)


LAMPIRAN
Figur 1: http://news.discovery.com/earth/solar-powered-family-car-rides-california-coast-140924.htm
Figur 2: http://www.citymetric.com/horizons/dutch-cyclepath-collects-solar-energy-469
Figur 3: http://www.citymetric.com/horizons/dutch-cyclepath-collects-solar-energy-469
Figur4: http://www.viridiansolar.co.uk/Galleries/International/0116_roof_integrated_solar_panels_Private_House_Netherlands.htm
Figur5: http://www.sustainablebrands.com/news_and_views/cleantech/mike_hower/first_solar_road_opens_netherlands
Figur6: http://www.finamac.com.br/en/noticias/2012/08/361/solar-powered-ice-cream-cart-is-a-success-in-holland
Figur7: http://notrickszone.com/2014/11/13/solar-bike-path-to-nowhere-3-7-million-enough-electricity-to-power-a-whole-three-households/#sthash.Lg1pU38N.tsmNChib.dpbs



so what do you think?
drop some comments on my post below..
let me know about your very honest opinion..
:)

Thank you for reading my blog!
and good luck everyone ..
love/lief/tresno,



Clara xxx


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...